Cara Restart mysql Service dengan bat File

Kali ini Saya akan memberikan cara bagaimana melakukan restart Service mysql menggunakan bat files pada XAMPP. Apakah kalian sering mengalami hang pada mysql service anda ? Biasanya masalah terjadi pada mysql atau apache server Anda. Sering mengalami stuck atau berhenti beroperasi mengakibatkan database atau local server Anda tidak berjalan dengan semestinya, maka di butuhkan mekanisme restart service terutama pada sisi mysql service.

Baik Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita padami terlebih dahulu tool xampp control panel yang biasanya terinstall di dalam windows Anda. Kegunaan dan Fungsinya.

XAMPP

Xampp adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program.

xamppcontrolpanel
xamppcontrolpanel

Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (tempat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

Langkah – Langkah Melakukan Restart Service MYSQL

  1. Buka file teks, seperti Notepad atau WordPad.
  2. Simpan file anda dengan ekstensi file .bat, misalnya, restart_mysql.bat.
  3. Lalu klik kanan edit
  4. Copy paste script ini
net stop mysql
net start mysql

sesuaikan dengan nama service anda ya, terkadang tidak semua bernama “mysql”. Anda bisa mengetahuinya melalui services.msc pada windows untuk penamaan service nya.

Jika sudah, lalu simpan dengan nama restart_mysql.bat.

Sampai disini proses pembuatan .bat files selesai, untuk menambah kinerja nya secara otomatis terjadwal maka dapat di buatkan task schedule pada windows.

Anda bisa membaca Menjalankan Script PHP Dengan Task Scheduler Pada Windows

Menjalankan Script PHP Dengan Task Scheduler Pada Windows

Demikian ulasan mengenai cara bagaimana melakukan restart Service mysql menggunakan .bat files pada XAMPP. Tetap semangat untuk menulis, dan berikan ilmu kepada Siapa saja ya. Sekian dari Saya semoga bermanfaat.

Summary
Cara Restart mysql Service dengan bat File
Article Name
Cara Restart mysql Service dengan bat File
Description
Saya akan memberikan cara bagaimana melakukan restart Service mysql menggunakan bat files pada XAMPP. Apakah kalian sering mengalami hang pada mysql service anda ? Biasanya masalah terjadi pada mysql atau apache server Anda
Author
Publisher Name
kristiandes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.