Setting Session Timeout Mikrotik

Sebelumnya mari kita pahami terlebih dahulu tentang banyak pengertian Timeout pada mikrotik. Agar tidak salah persepsi terhadap masalah yang akan di tangani. Masalah yang akan Saya angkat adalah ketika samrtphone Anda terhubung dengan jaringan mikrotik menggunakan user dan password, saat smartphone anda idle atau tanpa penggunaan di dalamnya, Berapa batasan waktu yang akan kita gunakan. Jadi bukan mengenai durasi waktu penggunaan, durasi yang Saya maksud disini adalah lama pakai yang tanpa batasan waktu. Baik mari kita ketahui tentang pengertian waktu pada mikrotik

Pengertian idle timeout, keep alive timeout, dan session timeout

Idle-Timeout

Masa waktu tenggang jika tidak ada aktivitas/trafik yang berjalan dari client maka user akan logout otomatis sesuai range waktu yang ditetapkan.

Keep-Alive Timeout

Masa waktu tenggang jika client terputus dari jaringan secara fisik ( Seperti : diluar jangkauan wifi , perangkat mematikan wifi ) , maka user akan logout otomatis sesuai range waktu yang ditetapkan.

Session Timeout

Lamanya waktu online yang diberikan kepada user / client setelah login , Setelah waktu habis client akan disconnect otomatis.

idletimeout

Sebenarnya cukup mudah melakukan konfigurasi ini. Tapi untuk saat ini Saya akan membahas tentang idle-Timeout saat perangkat/smartphone yang terhubung dapat kita managemen waktunya saat idle/ atau saat perangkat tidak ada aktifitas.

Dan konfigurasi mikrotiknya adalah cukup mengubah konfigurasi Servers di mikrotik dan ikuti langkah langkahnya :

1 . Login Ke Mikrotik Anda

2 . Klik IP -> Hotspot

3 . Tambahkan servers jika belum ada, atau klik servers yang tersedia seperti dibawah ini

sessiontimeout

Ubah idle Timeout sesuai yang Anda inginkan. Jika seperti contoh Saya menerapkan 30 menit untuk waktu idle, dan kosongkan saja keepalive Timeout nya.

Seperti itu saja sebenarnya. Mudah bukan. Jangan sampai user/client anda komplain karena perangkat/smartphone nya logout dan login terus terusan.

Demikian ulasan mengenai Setting Session Timeout Mikrotik. Tetap semangat untuk menulis, dan berikan ilmu kepada Siapa saja ya. Sekian dari Saya semoga bermanfaat.

12 Replies to “Setting Session Timeout Mikrotik”

      1. Saya ambil contoh kecil aja
        Session Timeout
        Menggunakan session time out berarti harus ada gate login dong ya?
        Nah saya gada loh 😓.
        Mungkin bisa di atur atur dan katanya itu pake aplikasi lain dan butuh di install di routernya. Dan bayar juga

        Saya tidak pakai mikrotik, saya nyari sana sini ketemunya cuma ke link pembahasan mikrotik terus. Bingung nih saya 😂

  1. Sy pnya usaha wifi voucher pke mikrotik, contoh kasus sy pnya user profile 1jam masa aktif 1 hari. Tetapi besoknya koq user tu masih aktif ya, mohon bantuannya

  2. Klo pakai mikhmon dia penerapannya pakai script di user profil..settingan idle,season,keepalive nya kosong..lha itu isi season timeoutnya biar tepat waktu..kadang pakai script pas mikrotik lagi panas suka eror

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.